persamaan dasar akuntansi

persamaan dasar akuntansi akuntansi ialah posisi yang menggambarkan hubungan yang terdapat dalam laporan keuangan yang meliputi, Harta/aktiva, Hutang/kewajiban,ekuitas/modal, pendapatan dan beban
Adapun bentuk persamaan akuntansi secara umum ialah sebagai berikut:
HARTA = HUTANG + MODAL
HUTANG = HARTA – MODAL
MODAL = HARTA – HUTANG
HARTA  +  BEBAN = HUTANG + HUTANG + PENDAPATAN
Dasar dasar akuntansi dan penggolongannya
Harta/aktiva= keseluruhan kekayaan yang dimiliki perusahaan yang mencakup aktiva lancar maupun aktiva tetap. Adapun bagian dari aktiva lancar/current asset meliputi kas, piutang, persediaan, perlengkapan, pendapatan yang masih diterima, wesel tagih dan prive, sementara Aktiva tetap/fix asset meliputi peralatan, gedung atau bangunan, tanah, mesin, hak ci[ta maupun hak paten
Hutang/kewajiban = Semua kewajiban yang dimiliki perusahaan baik hutang jangka panjang maupun pendek. Adapun untuk kategori hutang yang pendek yakni hutang yang jangka waktunya tidak lebih dari satu tahun harus dilunasi seperti hutang dagang, hutang wesel, gutang gaji maupun upah, hutang hutang biaya, hutang pajak, pendapatan yang sudah diterima dimuka dan kewajiban yang harus dilunasi .
Modal/ekuitas = Hak atas sipemilik terhadap kekayaan perusahaan yang jumlahanya sama dengan jumlah kekayaan secara keseluruhan dikurang total hutang atau kewajiban perusahaan.
Pendapatan =  Semua penghasilan yang diterima perusahaan melalui kegitan usahanya maupun diluar kegiatan usahanya selama satu periode akuntansi.
Beban= semua yang ditanggung perusahaan yang meliputi, Harga pokok produksi maupun harga pokok penjualan, biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran, biaya administrasi, maupun biaya umum lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar